Apa itu WEBSITE..?


Pengertian Website☺

Website merupakan kumpulan halaman digital yang berisi informasi berupa teks, animasi, gambar, suara dan video atau gabungan dari semuanya yang terkoneksi oleh internet, sehingga dapat dilihat oleh seluruh siapapun yang terkoneksi jaringan internet.

Kategori Website:

a. Web Statis
Merupakan website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Perubahan suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi stuktur dari website tersebut.

b. Web Dinamis
Merupakan website yang secara terstruktur diperuntukan untuk diupdate sesering mungkin. Biasanya disediakan halaman backend untuk melakukan perubahan konten dari website tersebut. Contohnya : web portal, web berita, dll.

c. Web Interaktif
Merupakan website yang berinteraksi antara penggunanya. Biasanya berupa forum diskusi maupun blog. Dimana adanya moderator sebagai pengatur alur diskusi

Pengertian Pemrograman Web

Pemrograman web adalah pembuatan aplikasi program dengan bahasa skrip yang akan menghasilkan sebuah aplikasi yang diakses pada web browser.

Bahasa Skrip Pemrograman Web

Dalam mempelajari pemrograman web, perlu diketahui pemahaman beberapa bahasa skrip yang dibutuhkan dalam pembuatan 1 halaman website, yaitu :

a. HTML
b. PHP
c. CSS
d. JAVASCRIPT

 


Istilah-Istilah dalam Pemrograman Web

Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila anda mempelajari pemrograman web ini diantaranya yaitu:

1. Internet 
Internet berarti rangkaian komputer yang terhubung menjadi beberapa rangkaian jaringan. Sistem komputer terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol. Melalui internet pertukaran informasi dapat dilakukan tanpa batas asalkan kedua pihak terhubung kedalam jaringan yang sama.

2. World Wide Web (WWW) 
WWW merupakan kumpulan web server diseluruh dunia yang dapat menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan secara massal.

3. Website 
Website merupakan istilah yang merujuk kepada suatu nama halaman web yang dapat diakses jika terkoneksi dengan internet. Untuk mengakses sebuah website, selain terkoneksi dengan internet, anda pun harus membukanya dalam sebuah aplikasi web browser.

4. Web Server 
Web Server merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menerima permintaan melalui Protokol HTTP atau HTTPS dari client, kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk halaman-halaman web. Contoh web server : Xampp, Apache2Triad, dll.

5. URL (Universal Resource Locator) 
URL merupakan suatu alamat yang menunjukkan sebuah halaman tertentu internet. Contoh URL adalah: https://bitly.ws/3fc7B

6. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) 
HTTP merupakan bagian dari URL digunakan untuk mengidentifikasikan lokasi web, dan digunakan dalam protokol HTML.

7. DNS (Domain Name System) 
DNS merupakan sistem database terdistribusi yang tidak banyak dipengaruhi oleh bertambanhnya database. DNS menjamin informasi host terbaru akan disebarkan ke jaringan bila diperlukan.

8. IP (Internet Protocol)
IP (Internet Protocol) merupakan protokol yang digunakan dalam internet, secara teknis bermakna suatu bentuk pengisian dan pengalamatan data-data dan informasi yang akan dikirim melalui internet.

9. Hyperlink 
Hyperlink atau disebut link merupakan sebuah tools yang berperan dalam mempopulerkan penggunaan internet, hyperlink dapat mereferensikan sebuah teks atau gambar ke alamat lain di internet.

10. Web Browser 
Menggunakan web browser mudah, yang diperlukan hanyalah Anda harus memiliki alamat web yang akan dibuka. Alamat ini biasa disebut dengan Uniform Resource Locator (URL). Jika menggunakan sistem operasi Windows terdapat program web browser bawaan, yaitu Internet Explorer. Terdapat banyak program alternative web browser yang sebagian besar bersifat gratis, seperti Firefox, Opera, Safari, chrome dll.



 

Tidak ada komentar untuk "Apa itu WEBSITE..?"